Keunikan Pasar Terapung, Keunikan Kampung Wisata Alalak Selatan, Keunikan Kota Seribu Sungai, Keunikan Bumi Lambung Mangkurat, Keunikan Pulau 3 Negara
Kampung Wisata Alalak Selatan

Jumat, 18 November 2011

Pengantar Pemandu Wisata


            Pengertian  PARIWISATA :
  Suatu proses kepergian sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lain diluar tempat tinggalnya.
  Dorongan kepergian: kepentingan politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, agama, kesehatan, maupun hal lain seperti karena sekedar ingin tahu, menambah pengalaman ataupun untuk belajar.
            Pariwisata = Perjalanan Wisata
(I Gede Iwan Suryadi, SE.,MM.)

WISATAWAN (TOURIST)
Seseorang atau kelompok orang yang melakukan suatu perjalanan wisata, jika lama tinggalnya sekurang-kurangnya 24 jam di daerah atau negara yang dikunjungi
     Pesiar (leasure), untuk keperluan rekreasi, liburan, kesehatan, studi, keagamaan dan olah       
     raga.
     Hubungan Dagang, sanak saudara, handai taulan, konferensi, misi, dan sebagainya.
     (I Gede Iwan Suryadi, SE.,MM.)

PASPOR dan VISA
Paspor, suatu keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang wisatawan/warga negara yang akan mengadakan perjalanan ke luar negeri, yang pembuatannya diurus oleh kantor migrasi di negara yang bersangkutan.
Visa, surat keterangan ijin tinggal di suatu negara yang akan dituju oleh wisatawan. Surat keterangan itu diperoleh dari Kantor Kedutaan Besar suatu negara yang menjadi tujuan wisata.

Pemandu Wisata ( Guide )
adalah seorang yang memberi penerangan, penjelasan serta petunjuk kepada wisatawan dan traveler lainnya, tentang segala sesuatu yang hendak dilihat dan disaksikan bilamana mereka berkunjung pada suatu objek, tempat atau daerah tertentu.
( Oka A. Yoeti )

Pekerjaan Pemandu Wisata (Guide)
merupakan salah satu profesi (mendapatkan bayaran yang layak atas kemampuannya) yang unik, karena profesi ini membutuhkan kemampuan berbahasa (sesuai yang dibutuhkan), dapat berinteraksi dengan wisatawan, memiliki pengetahuan luas, fleksibel, penuh pengertian dan kedewasaan berpikir serta kesehatan yang prima. 

Tugas Pemandu Wisata adalah memimpin pelaksanaan suatu kegiatan kunjungan / wisata mulai dari persiapan sampai pada akhir kegiatan sesuai dengan fasilitas paket tour yang telah disepakati antara perusahaan perjalanan wisata dengan wisatawan.
Pemandu Wisata merupakan duta bagi perusahaan dan bangsa, karena mereka adalah ujung tombak dari keberhasilan promosi pariwisata. 
Oleh JIMMY KAPOH disampaikan pada kegiatan Pelatihan Manajemen Usaha Pariwisata, Sadar Wisata dan Pemandu Wisata yang diadakan oleh LKM Kelompok Kampung Wisata Alalak Selatan pada tanggal 24-25 Oktober 2011

Follower

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons